https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 33 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | Kristina | SURYA BAHTERA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 33 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mega Kristina, Bagiya Bagiya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan metode experiential learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014, pengaruh dan peningkatan menulis puisi setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan metode experiential learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Penyajian data dilakukan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penggunaan metode experiential learning sebagai peningkatan keterampilan menulis puisi terdiri atas siklus I dan siklus II. Pada prasiklus, siswa menulis puisi tanpa menggunakan metode. Pada siklus I dan siklus II, siswa menulis puisi menggunakan metode experiential learning. Pengaruh penggunaan metode experiential learning terhadap pembelajaran menulis puisi pada siswa dapat diketahui melalui hasil angket. Hasil angket terhadap minat belajar siswa jumlah skor rata-rata prasiklus sebesar 58,71%, siklus I sebesar 75,42%, dan siklus II sebesar 81,82%. Hasil angket terhadap sikap belajar siswa jumlah skor rata-rata prasiklus sebesar 37,37%, siklus I sebesar 73,74%, dan siklus II sebesar 87,88%. Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan metode experiential learning pada siswa dapat dilihat melalui hasil nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 62,4. Pada siklus I digunakan metode experiential learning rata-rata kelas menjadi 70,28 dan rata-rata kelas pada siklus II meningkat menjadi 76,45.
Kata kunci: menulis puisi, keterampilan menulis, metode experiential learning

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.